Serba-serbi Kolesterol

Image

Kolesterol merupakan salah satu bentuk lemak di dalam darah anda. Kolesterol diproduksi secara alamiah di hati, namun juga dapat berasal dari makanan seperti daging-dagingan dan telur. Seperti halnya zat lain, tubuh kita juga membutuhkan kolesterol. Tapi hati-hati, kolesterol yang tinggi dapat menumpuk di pembuluh darah anda membentuk sebuah plak yang disebut atherosklerosis, yang akan semakin menebal dengan seiring berjalannya waktu dan dapat menyebabkan berbagai penyakit, misalnya penyakit jantung dan stroke.

Kolesterol ada yang baik dan yang jahat. Kolesterol baik disebut HDL, sedangkan yang jahat disebut LDL. Kadar LDL yang tinggi tidak baik untuk tubuh, begitu pula dengan kadar HDL yang rendah. Kolesterol baik membantu membuang lemak dari tubuh anda, sedangkan kolesterol jahat dapat mengendap di pembuluh darah anda.

Kadar kolesterol yang tinggi dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan tingginya kadar kolesterol di tubuh anda :
1. Pola makan. Terlalu banyak makan makanan berlemak dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol.
2. Berat badan. Berat badan yang berlebihan dapat meningkatkan kadar trigliserida dan menurunkan kadar HDL, yang merupakan kolesterol yang baik. Jika anda merasa gemuk, segeralah turunkan berat badan anda.
3. Aktivitas sehari-hari. Olahraga yang teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan tentunya melatih jantung anda menjadi lebih sehat dan kuat. Kurangnya aktivitas fisik dapat meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar HDL. Berolahragalah 3 kali seminggu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh anda.
4. Umur dan jenis kelamin. Kadar kolesterol akan mulai meningkat pada umur 20 tahun ke atas hingga 50 tahun. Pada wanita, biasanya kadar kolesterol tidak meningkat hingga menopause.
5. Penyakit lain. Penyakit seperti diabetes dan hipotiroid dapat meningkatkan kadar kolesterol anda.
6. Riwayat keluarga. Faktor genetik berperan penting dalam meningkatkan kadar kolesterol. Jika anggota keluarga anda ada yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, berwaspadalah.
7. Rokok. Smoking kills. Sudah jelas kan?

Dengan menjaga pola hidup yang baik dan teratur, sebenarnya mudah untuk mencegah masalah yang timbul akibat kolesterol. Jadi, mari kita biasakan untuk makan makanan rendah lemak jenuh dan tinggi serat, menurunkan berat badan, olahraga teratur, dan tentunya tidak merokok.

Tagged , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: