Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI)

Karena payudara merupakan organ yang rentan terhadap penyakit, seperti infeksi maupun tumor, pemeriksaan payudara secara teratur dapat membantu anda mengetahui perubahan yang terjadi pada payudara. Tidak semua benjolan yang ada pada payudara merupakan tumor ganas/kanker, hanya pemeriksaan medis yang dapat memastikannya.

Cara melakukan SADARI sangatlah mudah. Pemeriksaan ini dapat dilakukan kapanpun, misalnya sebelum atau sesudah mandi. SADARI disarankan untuk dilakukan setiap bulan, beberapa hari setelah menstruasi.

Pertama-tama, lihatlah bentuk payudara anda di cermin, lihatlah dengan seksama ada perubahan bentuk, warna, dan ukuran. Adakah kemerahan, luka atau cairan yang keluar dari puting susu? Selanjutnya lakukan perabaan dengan cara melakukan penekanan dari arah puting susu, secara melingkar, ke arah luar. Periksa dengan seksama adakah benjolan yang teraba? jika ada, berapa besar ukurannya? bagaimana permukaannya? apakah benjolan tersebut dapat digerakkan? nyeri kah? Langkah selanjutnya adalah segera menghubungi dokter terdekat atau spesialis kebidanan untuk melakukan pemeriksaan lanjut.

Dengan SADARI yang teratur dan disiplin,  perubahan pada payudara akan sesegera mungkin ditemukan dan tentunya akan semakin baik pula hasil pengobatannya. Oleh karena itu, SADARI merupakan skrining kesehatan payudara yang sangat efisien dan efektif.

Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: