Tips Tidur Malam yang Baik

sleep

Tidur malam erat kaitannya dengan gangguan tidur. Tidur malam yang baik tentunya akan berefek baik terhadap kesehatan, sehingga anda dapat beraktivitas dengan optimal.

Berikut adalah beberapa saran untuk tidur malam yang baik:

  1. Tetapkan waktu tidur yang teratur — cobalah untuk pergi tidur pada waktu yang sama tiap malamnya dan bangun pada waktu yang sama tiap pagi sehingga tubuh dapat menyesuaikan dengan pola yang ritmis.
  2. Tenangkan diri sebelum pergi tidur — Hentikan aktivitas yang bisa meningkatkan kesiagaan mental atau fisik (misalnya bekerja atau olahraga) 20-30 menit sebelum waktu tidur dan lakukan aktivitas yang menenangkan seperti membaca, mandi air hangat, atau meditasi.
  3. Ciptakan lingkungan tidur yang nyaman — Kamar sebaiknya cukup gelap, tenang, bebas gangguan, dan tidak terlalu panas.
  4. Buatlah kamar tidur hanya untuk tidur — Menonton TV dilakukan di ruang lain dan hindari diskusi tentang pekerjaan atau masalah-masalah lain di tempat tidur.
  5. Jangan merasa khawatir saat berada di tempat tidur — Jika anda tidak bisa tidur karena memikirkan semua yang harus dilakukan pada pagi hari, bangunlah dan buat daftar, dan biarkan kertas itu yang menjadi tumpahan semua masalah pada malam hari. Jika anda memiliki masalah lain, selesaikanlah dan tidurlah.
  6. Hindari alkohol, kafein, dan rokok — Alkohol yang terlalu banyak mungkin akan membuat anda mengantuk, tetapi sesungguhnya akan mengganggu pola tidur dan mimpi normal. Kafein pada sore hari tidak direkomendasikan untuk orang yang sensitif dengan efek stimulannya, dan nikotin dapat merusak ritme hidup normal anda.
  7. Olahraga teratur — Olahraga secara teratur selama 20-30 menit sebanyak 3-4 kali seminggu akan meningkatkan kualitas tidur anda. Untuk menghindari terlalu siaga, jangan melakukan olahraga berat dalam waktu 3 jam sebelum tidur.
  8. Minumlah obat yang tepat — Banyak obat yang menyebabkan anda mudah atau sulit tidur. Obat-obatan seperto pil tidur bisa merusak siklus tidur yang efektif, dan beberapa obat lain juga bisa mengganggu tidur. Diskusikan obat-obatan yang anda minum dengan dokter untuk mengetahui efeknya terhadap kemampuan tidur anda.
  9. Konsultasi dengan dokter — Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika mengalami, atau jika teman anda memperhatikan gejala-gejala sleep apnea, seperti: mengorok, sesak napas sampai terbangun, adanya henti napas saat tidur,  dan mengantuk yang berlebihan pada siang hari.
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: