Seorang Lumpuh Dapat Berjalan Kembali

rob summers treadmill

Seorang pemuda Amerika yang mengalami lumpuh dari dada ke bawah dapat berjalan kembali berkat rangsangan elektrik pada spinal cordnya.

Dialah Rob Summers, seorang pemain baseball berbakat yang memenangi College World Series bersama timnya, namun mengalami kecelakaan yang fatal sehingga harus duduk di kursi roda bertahun-tahun lamanya. Rob Summers mengalami cedera pada spinal cord yang mengakibatkan sinyal dari otak ke alat gerak bawah terhalangi, sehingga kemampuan sensoris dan motorisnya hilang.

Namun mimpi buruk ini mendapat secercah harapan setelah dilakukan operasi pemasangan 16 elektroda di spinal cordnya. Setelah operasi, Rob menjalani latihan duduk, berdiri, dan berjalan dengan bantuan rangsangan elektrik yang menyerupai sinyal dari otak. Hebatnya, dalam beberapa hari, Rob sudah dapat berjalan dan menggerakkan kakinya walaupun masih membutuhkan bantuan.

Penemuan ini sangat mencengangkan, namun para peneliti tidak ingin penemuan ini dianggap sebagai “terapi”, karena sebuah penelitian yang baru berhasil pada 1 orang, belum dapat dikatakan sebagai “terapi”. Penemuan ini merupakan sebuah terobosan yang baik bagi perkembangan ilmu kedokteran. Mungkin masih diperlukan waktu untuk pengembangannya sehingga dapat diaplikasikan pada khalayak umum.

Kita doakan saja semoga penemuan ini dapat dikembangkan dan berhasil sehingga menjadi sebuah harapan baru bagi penyandang kelumpuhan.

Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: