Kebiasaan yang Dapat Membahayakan Jantung Anda

Sebelumnya telah dijelaskan pada postingan 10 cara mudah menurunkan tekanan darah bahwa gaya hidup yang buruk merupakan faktor risiko terjadinya penyakit hipertensi. Banyak sekali kebiasaan buruk yang tanpa disadari dapat mengakibatkan gangguan pada jantung.

Berikut adalah 10 kebiasaan buruk yang dapat membahayakan jantung anda:

  1. menonton TV terlalu lama dan sering : karena duduk terlalulama (apalagi sambil ngemil) dapat menyebabkan perubahan kadar gula dan lemak dalam darah, sehingga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah.
  2. membiarkan stres dan depresi tidak teratasi : segeralah berkonsultasi dengan psikiater jika anda merasakan stres atau depresi, karena faktor mental sangat berperan dalam peningkatan tekanan darah anda. Tertawa dan bersosialiasilah untuk mencegah keadaan tersebut.
  3. tidak memeriksa kebiasaan mengorok : mengorok bisa jadi merupakan tanda terjadinya penyempitan jalan nafas. Keadaan ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jika anda sering mengorok (terutama jika sampai terbangun) segeralah konsultasi ke dokter. — kalau mau tanya ke blog ini juga boleh😉
  4. Jarang sikat gigi : kuman dapat masuk lewat gigi yang berlubang dan dapat mengakibatkan infeki jantung.
  5. Olahraga tidak teratur : berolahragalah yang teratur, mulai secara perlahan dan konsisten. Jangan memaksakan tubuh anda untuk berolahraga berat, namun tidak konsisten.
  6. Merokok aktif/pasif : Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa rokok sangat merugikan kesehatan.
  7. Mengkonsumsi minuman beralkohol : beberapa penelitian menyebutkan bahwa alkohol memiliki dampak baik bagi kesehatan anda (jika jumlah yang diminum sesuai), namun alkohol juga terbukti dapat meningkatkan tekanan darah anda. Jadi, lebih baik tidak mengkonsumsi alkohol kan?
  8. Pola makan tidak sehat : makanlah secara teratur makanan dengan gizi yang seimbang. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung karbohidrat dan lemak seperti daging merah, dan perbanyak makan sayur dan buah. Jangan lupa untuk membatasi jumlah asupan garam anda.
  9. Mengabaikan gejala penyakit : Jika anda merasa tidak sehat, jangan sungkan-sungkan untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Semakin dini penyakit dideteksi, semakin mudah penyakit itu diobati.
  10. Tidak patuh minum obat : tekanan darah sering disebut sebagai silent killer, oleh karena itu pengobatan yang dilakukan bukan sebatas untuk menghilangkan gejala, namun untuk menjaga agar tekanan darah anda tetap dalam batas normal. Jadi, jangan minum obat hanya saat anda merasa sakit, minumlah obat sesuai anjuran dokter.
Tagged , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: